INOVASI "MISTERI SELADA" SDN 01 KLEGEN



Di SDN 01 Klegen kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) utamanya pada seni suara khususnya pada lagu daerah, terlihat peserta didik tidak antusias untuk mempelajari lagu daerah tersebut. Sangat jarang terlihat anak hafal lagu-lagu daerah. Hal ini dipicu adanya perkembangan gadget dimana anak lebih tertarik menikmati game. Lagu-lagu yang muncul di media sosial dan TV banyak menyuguhkan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usia mereka. Hal ini ditambah lagi banyaknya produser yang tidak menghasilan lagu-lagu anak-anak. Peserta didik cepat sekali hafal lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usianya, lagu-lagu luar negeri seperti korea yang sudah menjadi fenomenal di Indonesia. Tanpa disadari lagu-lagu daerah menjadi terkikis bila tidak segera dicari solusinya.




Kurang mengenalnya lagu-lagu daerah membuat peserta didik mendapatkan nilai rata-rata pada mata pelajaran SBdP utamanya seni suara masih dalam kategori C pada tahun 2018/2019 semester1 74,83 dan pada semester II nilai rata-rata 74,79.



Kokurikuler adalah kegiatan pembelajaran peserta didik yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan mata pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler di kelas. Pelaksanaan kokurikuler dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mengoptimalkan penguatan pendidikan karakter pada siswa.


Kegiatan literasi MISTERI SELADA SEPERAK (Kamis Literasi Mari Bersenandung Lagu Daerah sebagai Penguat Karakter ) merupakan salah satu kegiatan kokurikuler didalam meningkatkan  rata-rata SBdP pada seni suara sekaligus sebagai penguatan karakter. 





Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Juga sebagai upaya mewujudkan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. (https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6971283/apa-itu-p5-dalam-kurikulum-merdeka-ini-penjelasan-dan-contohnya.)


Adapun profil pelajar pancasila yang hendak diwujudkan yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif.


MISTERI SELADA SEPERAK merupakan kegiatan untuk mewujudkan karakter terutama pada dimensi Berkebhinekaan global dan kreatif. Berkebhinekaan global merujuk pada pelajar Indonesia dapat mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Dengan melakukan kegiatan MISTERI SELADA PERAK peserta didik dapat mengenal dan melestarikan lagu daerah, sehingga tetap dapat mempertahankan budaya Indonesia. Sedangkan Dimensi keatif pelajar Indonesia dihararapkan bernalar kritis bisa memproses informasi kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya. Setiap tahapan bernalar kritis ini dilakukan secara objektif. Pada kegiatan MISTERI SELADA SEPERAK perserta didik melakukan kreatifitas gerakan-gerakan yang tentunya disesuaikan dengan asal daerahnya.




Link Inovasi Misteri Selada SDN 01 Klegen : https://drive.google.com/drive/folders/1_Y86TsDiDEhBtEd7MEp9_V01yrIg6ITL?usp=drive_link

Link Inovasi Dindik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batik Ecoprint karya siswa-siswi SDN 01 Klegen Kota Madiun