INOVASI "MISTERI SELADA" SDN 01 KLEGEN
Di SDN 01 Klegen kegiatan
pembelajaran pada mata pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) utamanya pada
seni suara khususnya pada lagu daerah, terlihat peserta didik tidak antusias
untuk mempelajari lagu daerah tersebut. Sangat jarang terlihat anak hafal
lagu-lagu daerah. Hal ini dipicu adanya perkembangan gadget dimana anak lebih
tertarik menikmati game. Lagu-lagu yang muncul di media sosial dan TV banyak
menyuguhkan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usia mereka. Hal ini ditambah
lagi banyaknya produser yang tidak menghasilan lagu-lagu anak-anak. Peserta
didik cepat sekali hafal lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usianya, lagu-lagu
luar negeri seperti korea yang sudah menjadi fenomenal di Indonesia. Tanpa
disadari lagu-lagu daerah menjadi terkikis bila tidak segera dicari solusinya.
Kurang mengenalnya lagu-lagu daerah
membuat peserta didik mendapatkan nilai rata-rata pada mata pelajaran SBdP
utamanya seni suara masih dalam kategori C pada tahun 2018/2019 semester1 74,83
dan pada semester II nilai rata-rata 74,79.
Kokurikuler
adalah kegiatan pembelajaran peserta didik yang dilaksanakan
untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan mata pelajaran yang telah
dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler di kelas. Pelaksanaan kokurikuler
dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mengoptimalkan penguatan pendidikan
karakter pada siswa.
Kegiatan literasi “MISTERI
SELADA SEPERAK” (Kamis Literasi Mari Bersenandung Lagu Daerah sebagai
Penguat Karakter ) merupakan salah satu kegiatan kokurikuler didalam
meningkatkan rata-rata SBdP pada seni
suara sekaligus sebagai penguatan karakter.
Berdasarkan Kemendikbudristek
No.56/M/2022, P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang
untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Juga sebagai upaya mewujudkan
karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan
Standar Kompetensi Lulusan. (https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6971283/apa-itu-p5-dalam-kurikulum-merdeka-ini-penjelasan-dan-contohnya.)
Adapun profil pelajar pancasila yang
hendak diwujudkan yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar
kritis, serta kreatif.
“MISTERI SELADA SEPERAK” merupakan kegiatan untuk
mewujudkan karakter terutama pada dimensi Berkebhinekaan global dan kreatif.
Berkebhinekaan global merujuk pada pelajar Indonesia dapat mempertahankan
budaya luhur, lokalitas dan identitasnya dan tetap berpikiran terbuka dalam
berinteraksi dengan budaya lain. Dengan melakukan kegiatan “MISTERI
SELADA PERAK” peserta didik dapat mengenal dan melestarikan lagu daerah,
sehingga tetap dapat mempertahankan budaya Indonesia. Sedangkan Dimensi keatif
pelajar Indonesia dihararapkan bernalar kritis bisa memproses informasi kualitatif maupun
kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi,
mengevaluasi, dan menyimpulkannya. Setiap tahapan bernalar kritis ini dilakukan
secara objektif. Pada kegiatan “MISTERI SELADA SEPERAK”
perserta didik melakukan kreatifitas gerakan-gerakan
yang tentunya disesuaikan dengan asal daerahnya.
Komentar
Posting Komentar